Instagram

14 May 2013

Perangkat Keras ( Hardware ) Komputer


Komputer, agar dapat bekerja sesuai fungsi dan manfaatnya , komputer membutuhkan 3 komponen, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat akal ( brainware ). Di artikel ini saya akan memberi tahu tentang Hardware.
  •  Pengertian Perangkat Keras ( Hardware ) Komputer 
Sesuai dengan namanya, perangkat keras merupakan semua bagian fisik ( dapat kita lihat dan sentuh ) yang terdapat dalam suatu komputer.Komponen utama terdiri atas monitor , mouse Komponen-komponen tersebut digunakan untuk memasukkan data , memproses data, dan menghasilkan informasi.

  • Perangkat Masukkan Data ( Input Device )
Input Device merupakan alat yang berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka , simbol, gambar, atau suara ke dalam komputer. Perangkat masukkan dapat berfungsi juga untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data ke CPU.


  • Perangkat Pemrosesan Data ( Procesing Device )
Perangkat pemrosesan data pada komputer dikenal dengan istilah CPU ( Central Procesing Unit ), yang berarti Unit Pengolah Pusat. CPU dikatakan sebagai otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer.
  • Perangkat Penyimpanan Data ( Storage Device )
perangkat penyimpanan merupakan semua peralatan yang dapat digunakan untuk menyimpan data secara permanen atau sementara. contoh perangkat penyimpanan data yaitu magnetic disk(floppy disk dan harddisk ), optical disk( CD dan DVD ), pen drive (USB flash drive dan ZIP drive ), card (ATM dan chip card), serta pita (cassette dan reel to reel tape )

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | WordPress Themes Review